MERAWAT TRADISI UNTUK MISI PENINGKATAN EKONOMI

SAWANG adalah salahsatu dusun yang berada di Wilayah Desa Pucangan, Tepatnya berada sekitar  satu Kilo meter sebelah utara desa Pucangan dan dipisahkan dengan hamparan ladang sebelum memasuki dusun tersebut. Dusun sawang berada didataran tinggi sehingga suasana di dusun tersebut begitu sejuk karena masih banyak pohon – pohon besar dan tumbuh tumbuhan liyar disekeliling dusun tersebut. Suasana Asri dan penduduk yang masih mempertahankan kebudayaan setempat membuat suasana asli pedesaan begitu terasa, tak salah jika kita ingin sedikit melepas penat hiruk pikuknya perkotaan untuk berkunjung di dusun tersebut. Disana kita akan disajikan pemandangan alam pedesaan yang sangat kental, kita juga bisa melihat hampir semua kawasan desa yang berada dikecamatan Montong.

Dalam rangka mempertahankan dan melestarikan kekayaan lokal, masyarakat dusun sawang mengadakan acara sedekah Bumi dengan membawa beberapa makanan lokal untuk di hidangkan kepada masyarakat yang menghadiri acara tersebut. Suasana tampak khusuk ketika tokoh masyarakat setempat melantunkan tahlil dan doa kepada leluhur dusun tersebut. Sebelum acara doa dimulai terlebih dahulu Kepala Desa Pucangan memberikan sambutan pembuka, dalam sambutanya kepala desa Pucangan (Santiko) mengajak masyarakat Dususn sawang khususnya generasi mudanya untuk merawat dan melestarikan tradisi manganan/ sedekah bumi, karena banyak manfaat selain sebagai tempat silaturahim antar masyarakat tentunya sebagai upaya pemerintah desa pucangan untuk selalu menggali informasi dan diskusi dalam rangka pengembangan dusun sawang. Kepala desa juga menyampaikan bahwasanya dulu dusun Sawang sangat terkenal dengan jajanan khasnya yaitu Tape Sawang yang melegenda karena begitu nikmatnya tape yang dibuat oleh masyarakat setempat, untuk itu kepala desa mengajak untuk kembali mengembangkan potensi jajanan tape tersebut, beliau berjanji akan berupaya mencarikan ahli untuk mengembangkan potensi yang ada di dusun sawang salah satunya jajanan tape agar bisa bertahan lama dan kemasan yang lebih menarik, Salah satunya akan berupaya mencari lagi bibit singkong Dorowati yang pernah menjadi primadona dalam pembuatan jajanan tape tersebut.

Dalam kesempatan lain Ketua RT setempat menyanggupi kesiapanya untuk bersama mengembangkan potensi lokal tersebut, beliau mengatakan kalau kita bisa mengembangkan potensi jajanan tape tentunya ini akan menjadikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dusun sawang, sehingga nantinya masyarakat tidak hanya bergantung dengan hanya satu pekerjaan tapi bisa menghasilkan nilai ekonomi dari potensi yang ada di dusun sawang diataranya Jajanan tape dan pelestarian Tradisi Lokal. Karena tidak menutup kemungkinan dusunsawang akan menjadi salah satu destinasi wisata alam pedesaan yang ada di kecamatan Montong Red.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)